Tips Menata Taman Agar Terlihat Cantik

Tips Menata Taman Agar Terlihat Cantik

Apa yang pertama kali anda pikirkan ketika mendengar kata taman? Tempat dengan banyak bunga dan tanaman yang indah? Tempat yang sejuk dan nyaman untuk melepas penat? Ya semua itu benar. Kehadiran taman kini mulai banyak mendapat perhatian, karena bukan sekadar untuk menyerap polusi dan menghasilkan oksigen saja. Tetapi taman ini juga sangat efektif untuk menunjang dekorasi tata kota atau pelengkap konsep arsitektur bangunan rumah, kantor, hotel, dan sebagainya.

Pembuatan taman bisa dibilang gampang-gampang susah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar fungsi utama taman sebagai area yang sejuk nan indah bisa tercapai. Dan berikut kami berikan tips menata taman agar terlihat cantik dan baik.

Pilih jenis tanaman sesuai dengan kondisi lahan

Hal mendasar dan sangat penting untuk diperhatikan dalam menata sebuah taman adalah pemilihan tanaman yang ditanam itu sendiri. Ada beberapa hal pula yang menjadi pertimbangan saat memilih tanaman ini. Seperti bagaimana kondisi lahan, tema taman seperti apa yang ingin dibuat, difungsikan sebagai apa tanaman tersebut?

Jika tema taman adalah taman kering, maka akan lebih baik jika menanam tanaman yang perawatannya mudah seperti bromeliad dan bayam merah. Dan apabila lahan menghadap ke arah timur dengan intensitas cahaya matahari pada siang hari terlalu tinggi. Maka disarankan memilih tanaman yang tahan terhadap paparan sinar matahari langsung seperti tanaman pelindung atau tanaman perdu.

Atur tanaman menjadi pola tertentu

Selanjutnya, anda perlu mengatur posisi tanaman dengan elemen keras seperti bebatuan yang berada disekitarnya menjadi sebuah pola/ bentuk taman tertentu. Pola ini dapat diartikan sebagai hubungan antar elemen yang ada di taman dan nantinya akan membentuk pola garis, pola melengkung, pola campuran, dan sebagainya. Dengan penataan ini, tentunya menjadikan taman terlihat lebih rapi dan terstruktur.

Buat dan tempatkan kran air ditempat yang tepat

Hal yang satu ini terkadang dilupakan oleh kebanyakan orang ketika membuat taman. Padahal adanya kran air ini akan berpengaruh terhadap mudah tidaknya perawatan tanaman. Maka pastikan anda membuat kran dan menempatkannya di titik yang tepat. Ada baiknya buat jalan setapak menuju letak kran air, sehingga  tidak perlu menginjak tanaman ketika akan menghidupkan kran.

Lengkapi taman dengan furniture

Ketika hal-hal dasar diatas sudah terpenuhi dengan baik, tentunya anda ingin bukan bisa dengan nyaman menikmati suasana dan keindahan taman anda itu?  Jika ya, anda perlu melengkapi taman anda dengan furniture taman seperti kursi besi cor antik dan meja antik. Selain digunakan sebagai tempat duduk, komponen tersebut juga bisa menambah kesan taman menjadi lebih hidup dan estetik.

Demikian beberapa cara/ tips menata taman agar cantik. Cukup mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *